kesatuan hati



Tadabbur surat al Anfaal 63

وألف بين قلوبهم لو أنفقت ما في الأرض جميعا مآ ألفت بين قلوبهم ولكن الله ألف بينهم إنه عزيز حكيم
Dan yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah Telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana. (al Anfaal 63)

Makna Kata

ألف : جَمَعَ ،    وَصلَ بعْضَهُ بِبَعْضٍ،   جَمَعَهُ و وضَعَهُ،   اِسْتِمالَهُ.
Allafa    : Menyatukan, menghubungkan sebagian yang satu dengan yang lainnya, menyatukannya dan meletakkannya, cenderung kepadanya. …Ibrahim Musthofa, et.al)

قلَبَ : جَعَلَ أَعْلاهُ  أسْفَلَهُ،  أو يَمينُهُ شِمالَهُ،  أو باطِنُهُ ظاهِرَهُ.
Qalaba : menjadikan yang di atas kebawah, atau yang dikanan kekiri, atau yang tersembunyi  ditampakan. ...Ibrahim Musthofa, et.al)

نفق : اِفْتَقَرَ وَ ذَهَبَ مالُهُ،  أَنْفَدَهُ وَ أَفْناهُ.
Nafaqo : berkehendak untuk melenyapkan hartanya, menghabiskan & melenyapkannya. …Ibrahim Musthofa, et.al)

العزيزُ : من أسماءِ اللهِ تعالى، و معْناهُ:  الغَلِبُ الذى لا يُقْهَرُ
Al 'Aziiz : dari nama Allah ta'ala yang  berarti : Pemenang (Penguasa) yang tidak terkalahkan. …Ibrahim Musthofa, et.al)
الحكيمُ : من أسماء اللهِ تعالى، ذو الحِكْمَةِ ، الفَيْلَسوُفْ، الطبيبُ

Al Hakiim : dari nama Allah ta'ala, pemilik kebijaksanaan.

Pemahaman Ayat.

A.    Allah menyatukan hati suku Aus dan Khazraj

Ibnu Jarir ath Thobari mengemukakan hal ini dalam tafsirnya,

وجمع بين قلوب المؤمنين من الأوس والخزرج بعد التفرق والتشتت على دينه الحق فصيرهم به جميعا بعد أن كانوا أشتاتا وإخوانا بعد أن كانوا أعداء

“Allah berkehendak menyatukan hati diantara mereka dan menyatukan hati orang-orang beriman dari golongan Aus dan Khazraj setelah perbedaan dan perpecahan mereka atas agamanya yang haq. Allah menjadikan mereka bersatu setelah berpecahbelah dan bercerai berai dan menjadi bersaudara setelah sebelumnya mereka saling bermusuhan.” …Ibnu Jarir ath Thobari)

Imam an Nasafi mengemukakan permusuhan diantara mereka berlangsung hingga 120 tahun. al Baidhowi pun mengemukakan kedahsyatan permusuhan dan peperangan diantara suku aus dan khazraj seakan tidak akan pernah berhenti karena diwariskan dari generasi-ke generasi sehingga menghancurkan kehormatan dan sendi-sendi kehidupan sosial mereka.

Kemudian Allah menyelamatkan mereka dengan keimanan kepada-Nya,sehingga berubahlah permusuhan diantara mereka, tidak lagi dikarenakan kebanggaan akan suku melainkan bersatu karena agama (al Qurthubi)

B.    Allah menyatukan hati kaum Anshar dan Muhajirin

al Qurthubi mengemukakan pendapat ini dalam tafsirnya,
وألف بين قلوبهم أي جمع بين قلوب الأوس والخزرج   .وقيل  أراد التأليف بين المهاجرين والأنصار والمعنى متقارب
Dan Allah menyatukan hati suku Aus dan Khazraj, dikatakan juga ayat ini merupakan penyatuan hati kaum Anshar dan  Muhajirin dan makna keduanya adalah berdekatan.

C.    Mereka yang saling mencintai karena Allah

Ibnu Jarir ath Thobari mengemukakan dalam tafsirnya bahwa ayat ini terkait dengan al mutahaabbuuna fillah (mereka yang saling mencintai di jalan Allah).  Dari Fudhail bin Ghazwan dari Abi Ishaq dari Abi al Ahwash ia berkata, aku mendengar Abdullah berkata:
لو أنفقت …   الآية قال هم المتحابون في الله
yang dimaksud dengan ayat (law anfaqta…) adalah mereka yang saling mencintai karena Allah

Makna & Urgensi Kesatuan Hati

A.    Kesatuan Hati Adalah Nikmat Ilahiyah & Salah Satu Penyebab Diampuninya Dosa.

Kesatuan hati merupakan kasih sayang yang Allah limpahkan kepada mereka yang dikehendaki-Nya. An Nasafi menuliskan dalam tafsirnya,
ولكن الله ألف بينهم بفضله ورحمته وجمع بين كلمتهم بقدرته فاحدث بينهم التوادد والتحابب واماط عنهم التباعض والتماقت
akan tetapi Allah menyatukan hati mereka dengan kemuliaan dan kasih sayangNya dan bersatulah mereka itu atas kehendak Allah, maka yang terjadi adalah saling menyayangi dan mencintai diantara mereka dan sirnalah tirai kebencian dan kebencian diantara mereka

Dalam tafsir ath Thobari ada sebuah riwayat yang berkaitan, Berkata kepada kami Abdul Karim bin Abi Amir ia berkata, berkata kepadaku Al Walid ia dari Abi Amir dan ia berkata, berkata kepadaku Ubdah bin Lubabah ia dari Mujahid dan aku bertemu  dengannya lalu aku mengulurkan tanganku maka ia berkata:
إذا تراءى المتحابان في الله فأخذ أحدهما بيد صاحبه وضحك إليه تحاتت خطاياهما كما يتحات ورق الشجر قال عبدة فقلت له إن هذا ليسير قال لا تقل ذلك فإن الله يقول لو أنفقت ما في الأرض جميعا ما ألفت بين قلوبهم  قال عبدة فعرفت أنه أفقه مني
Apabila engkau melihat 2 orang saling menyayangi karena Allah maka salah satunya mengambil tangan saudaranya lalu ia tertawa kepadanya, berguguranlah dosa-dosa keduanya sebagaimana bergugurannya dedaunan, ubdah berkata, lalu aku berkata kepadanya sesungguhnya ini adalah hal yang mudah, lalu ia berkata: janganlah engkau berkata demikian karena sesungguhnya Allah berfirman (law anfaqta….) Ubdah berkata: aku  tahu bahwa engkau lebih faham dariku. …

B.    Kesatuan Hati Adalah Mukjizat dan Tanda Kenabian Muhammad saw.

Dikemukakan oleh Abu Abdullah al Qurthubi dalam tafsirnya,
وكانت تألف القلوب مع العصبية الشديدة في العرب من آيات النبي صلى الله عليه وسلم ومعجزاته
adapun urusan menyatukan hati serta ashobiyah dikalangan bangsa Arab merupakan salah satu tanda kenabian Muhammad SAW dan kemukzijatannya. …Abu Abdullah al Qurthubi)
يأتلف فيهم قلبان حتى صاروا كنفس واحدة وهذا من معجزاته صلى الله عليه وسلم وبيانه
Allah mempersatukan mereka yakni dua hati sehingga menjadi seperti jiwa yang satu dan ini termasuk kemukjizatan Nabi SAW dan bukti kenabiannya. …al Baidhowi)

C.    Kesatuan Hati adalah Anugerah Hidayah dari Allah yang Tidak Dapat Dibeli.

Ibnu Jarir ath Thobari mengemukakan dalam tafsirnya bahwa Allah bersumpah seandainya seluruh isi dunia dibelanjakan untuk mempersatukan hati manusia tentu tidak akan sanggup. Melainkan Ialah yang Maha Kuasa atas diri manusia.
يقول تعالى ذكره لنبيه محمد صلى الله عليه وسلم لو أنفقت يا محمد ما في الأرض جميعا من ذهب وورق وعرض ما جمعت أنت بين قلوبهم بحيلك ولكن الله جمعه على الهدى
Allah menyebutkan kepada Nabi Muhammad SAW  walaupun kamu membelanjakan segala sesuatu yang ada dibumi keseluruhannya baik itu berupa emas, dedaunan dan benda-benda selain emas niscaya kamu tidak akan dapat menyatukan hati mereka dengan caramu, akan tetapi Allah telah menyatukannya dengan petunjuk (hidayah)

Allah menyatukan manusia melalui agamanya, berkata kepada kami Ibnu Hamid ia berkata, berkata kepada kami salamah dari ibn Ishaq
وألف بين قلوبهم على الهدى الذي بعثك به إليهم .   لو أنفقت ما في الأرض جميعا ما ألفت بين قلوبهم ولكن الله ألف بينهم بدينه الذي جمعهم عليه
bahwa yang dimaksud dengan ayat tersebut adalah Allah telah menyatukan hati mereka dengan petunjuk (hidayah) yang dengan hidayah itulah Allah mengutusmu kepada mereka. Walaupun kamu membelanjakan semua kekayaan yang ada di bumi, niscaya kamu tidak dapat menyatukan hati mereka akan tetapi Allah telah menyatukan hati mereka dengan agama yang telah menyatukan mereka. …Ibnu Jarir ath Thobari)

Demikian pula pendapat al Baidhowi dalam tafsirnya, bahwa Allah lah yang sanggup menyatukan manusia karena Ialah yang menggenggam hati manusia.
لو أنفقت ما في الأرض جميعا ما ألفت بين قلوبهم أي تناهي عداوتهم إلى حد لو انفق منفق في إصلاح ذات بينهم ما في الأرض من الأموال لم يقدر على الألفة والإصلاح ولكن الله ألف بينهم بقدرته البالغة فإنه المالك للقلوب يقلبها كيف يشاء إنه عزيز تام القدرة والغلبة لا يعصى عليه ما يريده حكيم يعلم انه كيف ينبغي أن يفعل ما يريده
Walaupun engkau membelanjakan semua (kekayaan) di bumi niscaya kamu tidak dapat menyatukan hati mereka yakni mencegah permusuhan mereka pada batasnya dan membelanjakan semua harta yang ada di bumi untuk mendamaikan mereka tidak akan mampu mendatangkan kasih-sayang dan perdamaian akan tetapi Allah telah menyatukan mereka dengan kuasanya yang nyata. Dan Dialah Pemilik hati-hati itu yang dapat membolak-balikkannya kapan saja, sesungguhnya Dia Maha Agung yang sempurna kekuasaannya dan berkuasa atas segala hal yang tidak bermaksiat atasnya pada suatu apapun yang diinginkannya.

D.    Kesatuan Hati adalah Sumber Kekuatan Ummat.

Allah jadikan kesatuan hati orang-orang beriman sebagai sumber kekuatan mereka untuk menolong Rasul-Nya dan menegakkan Islam dengan kekuatan tersebut,
ولكن الله جمعه على الهدى فأتلفت واجتمعت تقوية من الله لك وتأييدا منه ومعونة على عدوك
Allah telah menyatukannya dengan petunjuk (hidayah), maka bersatulah dan berkumpullah kekuatan dari Allah untukmu dengan petunjuk itu mereka menguatkan serta menolongmu atas musuh-musuhmu. …Ibnu Jarir ath Thobari)
    Allah ta'ala adalah zat yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana, Ialah sumber kekuatan yang tak tertandingi oleh Sesuatupun, segala urusan-Nya pasti sempurna meliputi tegaknya hukum-hukum-Nya di muka bumi, dan Dia Maha Bijaksana untuk menolong orang-orang yang dikehendaki-Nya.

E.    Kasih Sayang adalah Perkara yang Pertama Muncul dari Sesama manusia.

Imam ath Thobari meriwayatkan, berkata kepadaku Ya'qub, ia berkata: berkata kepada kami ibnu Ilyas, ia berkata, Ibnu Aun mengabarkan kepada kami ia dari Umair bin Ishaq ia berkata:
كنا نتحدث أن أول ما يرفع من الناس أو قال عن الناس الألفة   
adalah kami sedang membicarakan bahwa yang pertama muncul dari manusia atau tentang manusia adalah kasih sayang. …Ibnu Jarir ath Thobari)

DAFTAR PUSTAKA
Mushofa, Ibrahim et.al, Mu’jam al Wasith., Maktabah Islamiyyah Turki. tt.
Al Baidhowi, Nashirudin Abi Sa'id, Anwaar at-Tanzil wa Asrar at-Ta'wil, maktabah syamilah
An Nasafi, Abul Barkat Abdullah bin Ahmad bin Mahmud an Nasafi, Madarik at-Tanzil wa Haqa'iq at Ta'wil, maktabah syamilah
Ath-Thobari, Muhammad bin Jarir, Jami'ul Bayan fi Ta'wil Ayat al Qur'an, maktabah syamilah.
Al Qurthubi, Abu Abdullah, al Jami' li Ahkam al Qur'an, maktabah syamilah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion