Keteguhan Hati Pada Kebaikan



Pembahasan Tentang Keteguhah Hati Pada Kebaikan

وقد ورد في الحديث أن النبى صلى الله عليه وآله وسلم كان يقول‏:‏ ‏"‏يا مقلب القلوب ثبت قلوبنا على دينك، يا مصرف القلوب اصرف قلبنا إلى طاعتك”
Telah disebutkan di dalam hadits bahwa Rasulullah saw bersabda, "Wahai Yang Memalingkan hati, teguhkanlah hati kamu pada agama-Mu. Wahai Yang Membalikkan hati, balikkanlah hati kami kepada ketaatan-Mu" …HR Tirmidzi, al Baghawi, al Hakim & Ibnu Abi Ashim)

وفى حديث آخر‏:‏ ‏"‏مثل القلب كمثل ريشة بأرض فلاة تقلبها الرياح‏"‏
Dalam hadits lain disebutkan, "Perumpamaan hati itu seperti sehelai bulu di tanah lapang yang mudah dibolak-balikkan angin. …HR Ahmad)

واعلم‏:‏ أن القلوب في الثبات على الخير والشر والتردد بينهما ثلاثة‏:‏
Ketahuilah hati yang teguh pada kebaikan dan keburukan, serta keragu-raguan antara keduanya, ada tiga macam:

قلب عَمُرَّ بالتقوى، وزكى بالرياضة، وطهر عن خبائث الأخلاق، فتتفرج فيه خواطر الخير من خزائن الغيب، فيمده الملك بالهدى‏.‏
Hati yang Sibuk dengan Takwa, suci karena latihan, bersih dari noda-noda akhlaq. Bisikan-bisikan kebaikan dari alam ghaib menyusup kedalamnya dan diberi petunjuk.

قلب مخذول، مشحون بالهوى، مندس بالخبائث، ملوث بالأخلاق الذميمة، فيقوى فيه سلطان الشيطان لاتساع مكانه، ويضعف سلطان الإيمان، ويمتلئ القلب بدخان الهوى، فيعدم النور، ويصير كالعين الممتلئة بالدخان، لا يمكنها النظر، ولا يؤثر عنده زجر ولا وعظ‏.‏
Hati yang Terlantar, diisi nafsu, ditaburi noda, dipolesi akhlaq yang tercela. Kekuasaan syetan menjadi kuat di dalamnya, karena tampat berpijaknya cukup luas, sedangkan kekuasaan iman menjadi lemah, dan hatipun dipenuhi dengan asap nafsu, cahayapun menjadi hilang. Ia layaknya mata yang dihadapannya dipenuhi dengan asap tebal, tidak bisamelihat, tidak ada gunanya nasihat dan peringatan.

قلب يبتدئ فيه خاطر الهوى، فيدعوه إلى الشر، فيلحقه خاطر الإيمان فيدعوه إلى الخير‏.
Hati yang Mulanya dilintasi Hawa Nafsu, lalu mengajaknya kepada keburukan, lalu muncullah lintasan iman dan dapat mengajaknya kepada kebaikan.

‏مثاله، أن يحمل الشيطان حملة على العقل، ويقوى داعي الهوى ويقول‏:‏ أما ترى فلاناً وفلاناً كيف يطلقون أنفسهم في هواها، حتى يعد جماعة من العلماء، فتميل النفس إلى الشيطان،
Perumpamaannya, syetan melancarkan serangan ke akal dengan dukungan nafsu. Katanya, "Apakah tidak engkau lihat si fulan dan fulan yang bebas menumbar nafsunya, hingga ada segolongan orang yang menganggapnya termasuk ulama? Jiwapun condong kepada syetan.

 فيحمل الملك حملة على الشيطان، ويقول‏:‏ هل هلك إلا من نسى العاقبة، فلا تغتر بغفلة الناس عن أنفسهم، أرأيت لو وقفوا في الصيف في الشمس ولك بيت بارد، أكنت توافقهم أم تطلب المصلحة‏؟‏ أفتخالفهم في حر الشمس، ولا تخالفهم فيما يؤول إلى النار‏؟‏ فتميل النفس إلى قول الملك،
Kemudian malaikan melancarkan serangannya kepada syetan dan berkata kepada orang tersebut, "Bukankah yang mengalami kebinasaan hanyalah orang yang melalaikan akibat. Janganlah engkau terkecoh oleh kelalaian orang lain tentang diri mereka. Tahukah engkau bahwa jika mereka berdiri di bawah terik matahari, sementara engkai mempunyai rumah yang teduh dan dingin, apakah engkau akan bergabung bersama mereka ataukah engkau mencari keselamatan untuk dirimu? Apakah engkau akan menyalahi mereka untuk bergabung dibawah terik matahari, dan tidak menyalahi mereka dalam urusan yang bisa menyeret ke kobaran api?" akhirnya jiwa itu condong kepada perkataan malaikat.

 ويقع التردد بين الجندين، إلى أن يغلب على القلب ما هو أولى به، فمن خلق للخير يسر له، ومن خلق للشر يسر له‏:‏ ‏{‏فمن يرد الله أن يهديه يشرح صدره للإسلام ومن يرد أن يضله يجعل صدره ضيقاً حرجاً كأنما يصعد في السماء‏}‏ ‏[‏الأنعام‏:‏ 125‏]‏ اللهم وفقنا لما تحبه وترضاه‏.‏
Sekalipun begitu masih ada tarik menarik antara dua psukan ini, hingga salah satu diantara keduanya yang tampil sebagai pemenang dan menguasai hati. Siapa yang diciptakan untuk kebaikan, maka dia diberikemudahan untuk melakukan kebaikan itu, dan siapa yang diciptakan untuk keburukan, maka dia diberi kemudahan untuk melakukan keburukan itu.

"Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit seolah-olah dia sedang mendaki kelangit."
Ya Allah limpahkanlah taufik kepada kami untuk melakukan apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhoi.

disadur secara bebas dari Mukhtashar Minhajul Qashidin Ibnu Qudamah al-Maqdisiy

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion