Sabar



فإن الله جعل الصبر جواداً لا يكبو، وصارماً لا ينبو، وجنداً لا يُهزم، وحصناً حصيناً لا يُهدم،وهو مطيّة لا يضل راكبها
Allah  swt, menjadikan sabar sebagai senjata pamungkas untuk menyikapi segala permasalahan hidup. Sabar ibarat sang dermawan yang tak pernah jatuh miskin, pedang yang tak pernah tumpul, prajurit yang tak terkalahkan, dan benteng yang tak pernah rubuh serta tunggangan yang tak pernah tersesat.

فهو والنصر أخوان شقيقان،فالنصر مع الصبر، وهو أنصر لصاحبه من الرجال بلا عدّة ولا عدد، ومحله من الظفر محل الرأس من الجسد، وهو سبيل النجاح والفلاح،
Sabar dan kemenangan ibarat dua sisi mata uang. Kemenangan dan kesabaran tak terpisahkan.karena sabar menolong hamba dari musuh walaupun tanpa bekal dan persiapan. Posisi sabar dalam kesuksesan ibarat kepala dari badan. Sabar merupakan jalan kesuksesan dan kemenangan.

 وهو فضيلة يحتاج إليه الإنسان في دينه ودنياه،  فحال الإنسان إما بين صبر على أمر يجب عليه امتثاله وتنفيذه ، ونهي يجب عليه اجتنابه وتركه، وقدر يجري عليه اتفاقاً، ونعمة يجب عليه شكر المنعم عليها، وإذا كانت هذه الأحوال لا تفارقه فالصبر لازم إلى الممات،
Sabar merupakan sikap hidup yang selalu dibutuhkan manusia dalam usuran agama dan dunianya, sabar sangat diperlukan manusia ketika menunaikan perintah yang wajib dilaksanakan dan larangan yang wajib ditinggalkan dan terkadang diperlukan saat bersamaan. Disamping itu sabar adalah nikmat yang wajib disyukuri. Jika sabar diposisikan demikian yakinlah ia tak pernah lekang hingga ajal datang menjemput.

 فالحياة لا تستقيم إلا بالصبر، فهو دواء المشكلات لدار الابتلاء، والصبر زاد المجاهد إذا أبطأ عنه الصبر، وزاد الداعية إذا أبطأ عنه الناس بالإجابة، وزاد العالم في زمن غربة العلم، بل هو زاد الكبير والصغير ، والرجل والمرأة ، فبالصبر يعتصمون وإليه يلجئون وبه ينطلقون.
Hidup tidak akan terus menerus berjalan dengan baik tanpa kesabaran. Karena sabar bagi hidup adalah obat bagi seputar permasalahan hidup. Sabar adalah persediaan bagi seorang pejuang dalam perjuangannya, persediaan bagi seorang da'i di saat manusia tidak menyambut seruannya, persediaan bagi seorang alim di zaman ilmu tak lagi diperhatikan, bahkan ia adalah bekal untuk orang tua, pemuda baik pria maupun wanita. Jadi sabar merupakan sikap hidup yang bisa dijadian pegangan, benteng perlindungan dan langkah awal kesuksesan.

قال الإمام أحمد – رحمه الله – في كتاب الزهد عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه : (( وجدنا خير عيشنا بالصبر))،إن الله وصف الصابرين بأوصاف وخصّهم بخصائص لم تكن لغيرهم،وذكر الصبر في نحو تسعين موضعاً من الكتاب الكريم، وأضاف أكثر الدرجات والخيرات إلى الصبر وجعلها ثمرة له.
Berkata Imam Ahmad rahumahullah dalam kitab zuhud, dari Umar ibn Khattab ra, "Kami telah menemukan kehidupan terbaik dengan sabar" Ketika menjabarkan ciri dan karakter khusus orang yang bersabar, Allah swt menyebutnya dalam al Qur'an lebih dari sembilan puluh tempat. Juga mengaitkannya dengan kebaikan sebagai buah kesabaran.

إن للصابرين معيّة مع الله ، ظفروا بها بخير الدنيا والآخرة، وفازوا بها بنعمة الله الظاهرة والباطنة ، وجعل الله سبحانه الإمامة في الدين منوطة بالصبر واليقين فقال تعالى:
Orang-orang yang sabar memperoleh kebersamaan dengan Allah swt, yang dengannya kesuksesan dunia dan akhirat dapat diraih, dan keberuntungan memperoleh nikmat Allah swt, yang bersifat lahir dan batin dicapai. Disamping itu kepemimpinan dan kekuasaan berkaitan erat dengan sabar dan yakin, sebagaimana firman Allah

{وجعلنا منهم أئمة يهدون بأمرنا لما صبروا وكانوا بآيتنا يوقنون}، قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله : (( بالصبر واليقين ؛ تُنال الإمامة في الدين)).
"Dan Kami jadikan di antara mereka pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan meyakini ayat-ayat Kami." (as sajdah 24)

Pengertian Sabar

الصبر لغة: الحبس والكف، قال تعالى: {واصبر نفسك مع الذين يدعون ربهم بالغداة والعشي يريدون وجهه}
Secara bahasa sabar berarti al habsu wal kaffu (menahan dan mencegah) sebagaimana firman Allah swt, "sabarkanlah dirimu bersama dengan orang-orang yang menyeru kepada Rabb mereka di waktu pagi dan siang dengan mengharap ridha-Nya (al Kahfi 28)

يعني احبس نفسك معهم، والصبر حبس النفس عن الجزع  واللسان عن التشكي والجوارح عن لطم الخدود وشق الثياب ونحوهما، ويقال صبر  يصبر صبراً، وصبَر نفسه.
Artinya, tahanlah dirimu bersama mereka. Jadi sabar adalah menahan atau menjauhkan diri dari mengelug, lisan dari mengadu dan anggota tubuh dari menampar pipi, merobek-robek pakaian, dsb. Contoh: shabara, yashbiru, shabran; wa shabara nafsahu.

والصبر في الاصطلاح الشرعي: حبس النفس على فعل شيء أراده الله أو عن فعل شيء نهى الله عنه فهو صبر على شيء أمر به الله وصبر عن شيء نهى الله عنه  ، جعل الله فيه الأجر العظيم لمن أراد به وجهه، وكافأ أهل الجنة لأنهم صبروا ابتغاء وجه ربهم
Dalam istilah syariat, sabar berarti menahan diri untuk melakukan keinginan dan meninggalkan larangan Allah swt. Ketika seorang hamba mampu melakukan hal ini Allah membalasnya dengan pahala yang besar dan surga.

والصبر فيه معنى المنع  والشدة والضنّ، و تصبّر رجل يعني تكلّف الصبر وجاهد نفسه عليه وحمل نفسه على هذا الخلق، وصبّرها إذا حملها على الصبر
Kata sabar mengandung makna menahan, menekan dan tidak meninggalkan. Misalnya Tashabbara rajul, artinya menahan, berjuang dan mendorong jiwa untuk bersabar. Sedangan ungkapan shabbaraha artinya mendorong jiwa untuk bersabar.

وهو ثبات على الدين إذا جاء باعث الشهوات ، وهو ثبات على الكتاب والسنة ، لأن من أخذ بهما فقد صبر على المصائب وصبر على العبادات وصبر على اجتناب المحرمات
Sabar adalah sikap tegar dan kukuh dalam menjalankan ajaran agama ketika muncul dorongan syahwat. Ia adalah ketegaran yang dibangun di atas landasan kitab dan sunnah. Karena hamba yang berpegang teguh dengan al Qur'an dan Hadits mampu bersabar terhadap beragam musibah, dalam beribadah dan menjauhi larangan.

فهذه أنواع الصبر الثلاثة إذاً:  صبر على طاعة الله، صبر عن معصية الله،  صبر على أقدار الله المؤلمة.
Sabar terbagi dalam tiga jenis yaitu, sabar dalam melakukan ibadah, sabar dalam menjauhi larangan dan sabar terhadap takdir.

هذا الصبر علّق القرآن الفلاح عليه فقال الله سبحانه وتعالى
Al Qur'an ketika berbicara tentang sabar mengaitkannya dengan kemenangan. Allah swt berfirman:
يا أيها الذين آمنوا اصبروا وصابروا واتقوا الله لعلكم تفلحون
"Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga dan bertaqwalah kepada Allah agar kamu mendapatkan kemenangan (ali imran 200)

وإذا كانت الأعمال لها أجر معلوم محدود فإن الصبر أجره لا حد له ، قال تعالى:
Ketika semua amal memiliki pahala terbatas, maka lain halnya dengan sabar, pahalanya tidak terbatas. Allah swt berfirman:
إنما يوفّى الصابرون أجرهم بغير حساب
"Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahalanya tanpa batas" (az zumar 10)

قال سليمان بن القاسم:كل عمل يعرف ثوابه إلا الصبر لأجل هذه الآية{إنما يوفّى الصابرون أجرهم بغير حساب}،  قال : كالماء المنهمر
Sulaiman bin Qasim berkata, setiap amal diketahui pahalanya kecuali sabar, karena ayat ini. Kemudian ia berkata "pahalanya ibarat air yang melimpah"

وجعل للصابرين أموراً ثلاثة لم يجعلها لغيرهم، وهي الصلاة منه والرحمة والهداية
Ada tiga hal yang hanya diberikan kepada orang-orang yang sabar, yaitu: berkah, rahmat dan hidayah:
وبشر الصابرين الذين إذا أصابتهم مصيبة قالوا إنا لله وإنا إليه راجعون* أولئك عليهم صلوات من ربهم ورحمة وأولئك هم المهتدون
"dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yangsabar. Yaitu mereka yang pada saat tertimpa musibah berkata, "inna lillahi wa inna ilaihi raji'un". Mereka itulah yang memperoleh berkah yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk."(al baqarah 155-157)

وجعل الصبر سبحانه وتعالى عوناً وعدة وأمر بالاستعانة به، فقال :
Sabar berfungsi sebagai penolong dan bekal serta sarat memohon kepada Allah.
واستعينوا بالصبر والصلاة
"Dan mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat.

فمن لا صبر له؛ لا عون له، وعلّق النصر على الصبر والتقوى فقال تعالى
Oleh karena itu orang yang tidak bersabar tidak akan mendapat pertolongan dari Allah. Kemenangan bergantung pada sejauh mana sabar dan takwa tertanam dalam jiwa. Allah swt berfirman:

بلى إن تصبروا وتتقوا ويأتوكم من فورهم هذا يمددكم ربكم بخمسة آلاف من الملائكة مسومين
"betul jika kamu bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda (ali imran 125)

وقال صلى الله عليه وسلم : (( واعلم أن النصر مع الصبر))
Rasulullah saw bersabda, "ketahuilah bahwa sesungguhnya kemenangan itu bersama kesabaran."
وجعل سبحانه الصبر والتقوى جنة عظيمة من كيد العدو ومكره فقال
Sabar dan takwa merupakan benteng yang kokoh untuk menghalau tipu daya dan jeratan musuh

وإن تصبروا وتتقوا لا يضركم كيدهم شيئاً
"Dan jika kalian bersabar dan bertakwa, maka tipu daya mereka sekali-kali tidak akan memberikan bahaya kepada kalian sedikitpun (ali imran 120)
وأخبر أن ملائكته تسلّم في الجنة على الصابرين فقال
Para malaikut di surga turut nmenggucapkan salam kepada orang-orang yang sabar.

سلامٌ عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار
"keselamatan bagi kalian desebabkan kesabaran kalian, maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (ar ra'du 24)
وعلّق تعالى محبته بالصبر ، وجعلها لأهل الصبر فقال
Cinta Allah dan kesabaran saling terkait dan dilimpahkannya kepada ahli sabar.

وكأين من نبي قاتل معه ربيون كثير فما وهنوا لما أصابهم في سبيل الله وما ضعفوا وما استكانوا والله يحب الصابرين
"Dan berapa banyak nabi yang berperang bersama-sama mereka, sejumlah besar dari pengikutnya yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak pula menyerah (kepada musuh) dan Allah mencintai orang-orang yang sabar."

وأخبر عن خصال من الخير لا يلقاها إلا الصابرون
Orang yang sabar mendapat gelar terbaik yang hanya Allah berikan khusus untuk mereka

وما يلقاها إلا الذين صبروا وما يلقاها إلا ذو حظ عظيم
"Sifat-sifat baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.

وحكم الله بالخسران حكماً عاماً على من لم يكن من أهل الصبر فقال
Allah swt menetapkan kerugian atas orang yang tidak termasuk di dalam golongan orang-orang yang sabar
والعصر*إن الإنسان لفي خسر*إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر
"Demi masa sesungguhnya manusia itupasti berada dalam kerugian. Kecuali orang-orangyang beriman dan beramal salih, dan saling menasihati dengan kebenaran dan saling menasihati dengan kesabaran. (al ashr 1-3)

لا تيأسنّ وإن طالت مطالبة    إذا استعنت بصبر أن ترى الفرج
Janganlah berputus asa walau begitu panjang permintaan __ karena jika kamu meminta pertolongan dengan kesabaran maka kelapangan akan terlihat.

أخلق بذي الصبر أن يحظى بحاجته    ومدمن القرع للأبواب أن يلج
Aku menciptakan orang yang sabar melangkah memenuhi kebutuhannya __ Orang yang terus menerus mengetuk pintu pasti akan memasukinya.

وقل من جد في أمر يحاوله        واستصحب الصـبر إلا فاز بالظفر
Siapa yang bersungguh-sungguh dalam urusan yang diusahakannya __ Dan selalu berteman sabar melainkan ia akan memperoleh keberuntungannya.

وقد نبّه شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله  على المعنى اللطيف في هذا الحديث، حفت الجنة بالمكاره؛ علمنا أنه لا طريق للجنة إلا عبر المكاره
Syaikh Ibnu Taimiyah telah mengingatkan makna yang sangat halus dalam hadits, "Huffatil jannatu bil makarih" (surga dikelilingi dengan sesuatu yang dibenci). Bahwa Nabi saw mengajarkan tidak ada jalan menuju surga melainkan dengan meninggalkan hal yang disenangi nafsu.

لأنه قال حُفّت، من جميع الجهات، فإذا ما ركبت المكاره لا تدخل الجنة، والمكاره هي ما تكرهه النفس من المجاهدة اللازمة لأداء العبادات( صلاة الفجر – الوضوء في البرد- الصبر على المصائب- الجهاد ....)
Huffat yang berarti banyak rintangan yang mengelilingi, maka ketika kita tidak mengikuti apa yang dibenci, tidak akan masuk surga. Hal-hal yang dibenci dalam konteks hadits adalah sesuatu yang dibenci dan tidak disenangi hawa nafsu berupa kesungguhan dan keseriusan dalam beribadah, seperti shalat fajar, berwudhu ketika udara sangat dingin, sabar atas musibah yang menimpa, jihad dsb.

فلا يمكن دخول الجنة إلا باختراق المكاره، ولا يمكن اختراقها إلا بالصبر، وأما النار فإنها حفت بالشهوات، ولا يمكن منع النفس من الدخول في النار إلا إذا صبر عن المعاصي وامتنع عن المعصية وحبس نفسه عن ذلك فهذه إذاً فضائل هذا الخلق الكريم
Oleh karena itu hanya orang yang sabar menerjang perbuatan yang dibenci nafsu yang masuk surga dan menahan diri dari perbuatan maksiat. Memang hal ini sangat sulit dilakukan karena pada dasarnya jiwa manusia cenderung menyenangi hal-hal yang dilarang agama. Itulah mengapa sabar menjadi perilaku mulia.

disadur secara bebas dari Silsilah A'mal al Qulub, Muhammad bin Sholih al Munajid

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion