Masuknya Iblis Ke Hati Manusia



Pembahasan Tentang Masuknya Iblis ke Hati Manusia

اعلم‏:‏ أن القلب بأصل فطرته قابل للهدى، وبما وضع فيه من الشهوة والهوى، مائل عن ذلك،
Ketahuilah hati sesuai dengan fitrahnya siap menerima hidayah dan apapun yang dihadapkan kepadanya, berupa nafsu dan syahwat, atau cenderung kepadanya.

والتطارد فيه بين جندي الملائكة والشياطين دائم، إلى أن ينفتح القلب لأحدهما، فيتمكن، ويستوطن، ويكون اجتياز الثانى اختلاساً
Pertentangan di dalam hati antara prajurit malaikat dan prajurit syetan berkesinambungan, hingga akhirnya hati membuka diri untuk salah satu dari keduanya, lalu iapun bersemayam di dalamnya, sedangkan satunya lagi harus menyingkir karena kalah.

كما قال تعالى ‏{‏من شر الوسواس الخناس‏}‏ ‏[‏الناس‏:‏4‏]
Sebagaimana Firman Allah yang Maha Tinggi, "Dari kejahatan bisikan syetan yang biasa bersembunyi".

‏ وهو الذي إذا ذكر الله خنس، وإذا وقعت الغفلة انبسط، ولا يطرد جند الشياطين من القلب إلا ذكر الله تعالى، فإنه لا قرار له مع الذكر‏.
Orang semacam inilah jika diingatkan nama Allah, maka dia bersembunyi, jika terjadi kelalaian dia justru merasa senang. Pasukan syetan tidak mengusir dari hati melainkan ingatan kepada Allah. Syetan tidak akan bersemayam di dalam hati jika hati itu mengingat Allah.

واعلم‏:‏ أن مثل القلب كمثل حصن، والشيطان عدو يريد أن يدخل الحصن، ويملكه ويستولى عليه،
Ketahuilah, hati itu seperti sebuah benteng. Sedangkan syetan adalah musuh yang hendak masuk kedalam benteng itu, hendak mengiasai dan merebutnya.

 ولا يمكن حفظ الحصن إلا بحراسة أبوابه، ولا يقدر على حراسة أبوابه من لا يعرفها، ولا يتوصل إلى دفع الشيطان إلا بمعرفة مداخله،
Benteng tidak akan terlindungi kecuali dengan menjaga pintu-pintunya. Mereka yang tidak mengetahui pintu-pintu itu tidak akan bisa menjaganya. Jadi seseorang tidak akan bisa mengusir syetan kecuali dengan mengetahui pintu-pintu masuk yang dilewati syetan.

 ومداخل الشيطان وأبوابه صفات العبد، وهى كثيرة، إلا أنا نشير إلى الأبواب العظيمة الجارية مجرى الدروب التي لا تضيق عن كثرة جنود الشيطان‏.‏ فمن أبوابه العظيمة‏:‏
Pintu-pintu masuk ini adalah sifat-sifat manusia, dan banyak sekali. Kami akan mengisyaratkan beberapa pintu utama yang tidak sulit untuk dilalui pasukan syetan. Diantaranya pintu-pintu utama adalah :

الحسد، والحرص، فمتى كان العبد حريصاً على شئ، أعماه حرصه وأصمه، وغطى نور بصيرته التي يعرف بها مداخل الشيطان‏.‏
Iri dengki dan Ambisi, selagi seseorang berambisi terhadap sesuatu, maka ambisi itu mambuatnya menjadi buta dan tuli, menutupi cahaya penglihatannya, yang sebenarnya jika dia mengetahui pintu masuk yang dilalui syetan.

 وكذلك إذا كان حسوداً فيجد الشيطان حينئذ الفرصة، فيحسن عند الحريص كل ما يوصله إلى شهوته، وإن كان منكراً أو فاحشاً‏.
Begitupula jika dia dengki, maka syetan mendapatkan peluang yang besar. Apapun yang hendak dicapai orang yang ambisius, tentu akan dilakukannya sekalipun itu merupakan kemungkaran dan kekejian.

الغضب، والشهوة، والحدة، فإن الغضب غول العقل، وإذا ضعف جند العقل هجم حينئذ الشيطان فلعب بالإنسان‏.‏ وقد روى أن إبليس يقول‏:‏ إذا كان العبد حديداً، قلبنّاه كما يقلب الصبيان الكرة‏.‏
Amarah, Syahwat dan Keras Hati, amarah merupakan bencana bagi akal. Jika pasikan akal sudah melemah, maka saat itu syetan bisa leluasa melancarkan serangan, lalu mempermainkan diri manusia. Diriwayatkan bahwa iblis pernah berkata, "Jika manusia keras hati, maka kami bisa membaliknya sebagai anak kecil yang membalik bola."

‏ حب التزيين في المنزل والثياب والأثاث، فلا يزال يدعو إلى عمارة الدار وتزيين سقوفها وحيطانها، والتزين بالثياب، والأثاث، فيخسر الإنسان طول عمره في ذلك‏.‏
Senang berlebihan dalam mempercantik rumah, pakaian dan furniturnya, Dia selalu merasa tergelitik mempercantik rumahnya, merubah atapnya, temboknya, membaguskan pakaian dan alat-alat furniturnya. Maka merugilah manusia yang sepanjang usianya habis untuk hal yang demikian

‏ الشبع، فإنه يقوى الشهوة، ويشغل الطاعة‏.‏
Kenyang, karena perut kenyang bisa menguatkan syahwat dan mengabaikan ketaatan.

الطمع في الناس، فإن من طمع في شخص، بالغ بالثناء عليه بما ليس فيه، وداهنه، ولم يأمره بالمعروف، ولم ينهه عن المنكر‏.‏
Tamak terhadap manusia, jika seorang tamak terhadap orang lain maka dia akan memuji secara tidak semestinya, mencari muka di hadapannya, tidak menyuruhnya kepada yang ma'ruf dan tidak mencegahnya dari yang mungkar.

العجلة، وترك التثبت، وقد قال النبى صلى الله عليه وآله وسلم‏:‏ ‏"‏العجلة من الشيطان، والتأني من الله تعالى‏"‏ ‏
Terburu-buru, tidak berhati-hati dan tidak memiliki keteguhan hati. Rasulullah saw bersabda, "Terburu-buru itu dari syetan dan berhati-hati itu dari Allah… diriwayatkan oleh Tirmidzy, fil birri wa ash shilah, bab ma ja a fi ta ani wal ajilah, dari hadits sahl ibn sa'id as sa'idy. Isnadnya dhaif karena ada Abdul Muhaimin bin Abbas.

حب المال، ومتى تمكن من القلب أفسده، وحمله على طلب المال من غير وجهه، وأخرجه إلى البخل، وخوفه الفقر، فمنع الحقوق اللازمة‏.‏
Cinta Harta, selagi cinta kepada harta ini sudah bersemayam di dalam hati, tentu ia akan merusaknya, lalu mendorongnya untuk mencari harta dengan cara yang tidak layak, membawanya pada sifat kikir, takut miskin dan mencegahnya mengeluarkan hak yang diwajibkan.

حمل العوام على التعصب في المذاهب، دون العمل بمقتضاها‏.‏
Membawa orang-orang awam kepada fanatisme mazhab, tanpa melaksanakan amalan yang semestinya.

 حمل العوام على التفكير في ذات الله تعالى، وصفاته، وفى أمور لا تبلغها عقولهم حتى يشككهم في أصل الدين‏.‏
Membawa orang-orang kepada pemikiran tentang dzat Allah, sifat-sifat-Nya, dan dalam masalah-masalah yang sebenarnya diluar jangkauan akal manusia, sehingga membuat mereka ragu terhadap dasar agama.

سوء الظن بالمسلمين، فإن من حكم على مسلم بسوء ظنه، احتقره وأطلق فيه لسانه، ورأى نفسه خيراً منه،
Berburuk sangka terhadap sesama Muslim, siapa yang membuat keputusan tentang diri seorang Muslim berdasarkan buruk sangkanya, tentu dia akan melecehkan orang Muslim itu dan mengatakan yang macam-macam tentang dirinya, lalu melihat dirinyalah yang lebih baik.

 وإنما يترشح سوء الظن بخبث الظان، لأن المؤمن يطلب المعاذير للمؤمن، والمنافق يبحث عن عيوبه‏.‏ وينبغى للإنسان أن يحترز عن مواقف التهم، لئلا يساء به الظن،
Dan sesungguhnya buruk sangka bisa dibuat sedemikian rupa menurut selera orang yang berburuk sangka. Seharusnya yang disebut mukmin itu ialah yang memaafkan mukmin lainnya, dan munafik itu ialah yang mencari-cari keburukannya. Maka dari itu setiap orang harus mawas diri terhadap titik-titik rawan yang sering memancing tuduhan, agar orang lain tidak berburuk sangka padanya.

 فهذا طرف من ذكر مداخل الشيطان، وعلاج هذه الآفات سد مداخل بتطهير القلب من الصفات المذمومة، بقى للشيطان بالقلب خطرات واجتيازات من غير استقرار، فيمنعه من ذلك ذكر الله تعالى، وعمارة القلب بالتقوى‏.
Inilah sejumlah jalan masuk bagi syetan ke dalam hati manusia. Solusinya ialah dengan menutup pintu-pintu tersebut, dengan cara membersihkan hati dari sifat-sifat tercela. Jika masih bersemayam benih-benih sifat ini di dalam hati, syetan pun masih leluasa memasukkan bisikan dan berlalu-lalang, sehingga mencegahnya untuk mengingat Allah dan mengisi hati dengan taqwa.

‏ ومثل الشيطان كمثل كلب جائع يقرب منك، فإن لم يكن بين يديك لحم وخبزه، فإنه ينزجر بأن تقول له‏:‏ اخسأ، وإن كان بين يديك شئ من ذلك وهو جائع، لم يندفع عنك بمجرد الكلام،
Perumpamaan syetan adalah seperti anjing kelaparan yang didekati, jika di tanganmu tidak ada daging dan roti, maka diapun menyingkir jika engkau mengusirnya. Tapi jika ditanganmu ada daging atau roti, padahal ia sedang kelaparan, maka dia tidak akan mengingkir jika engkau mengusirnya hanya dengan kata-kata.

 فكذلك القلب الخالي عن قوت الشيطان ينزجر عنه بمجرد الذكر‏.‏ فأما القلب الذي غلب عليه الهوى، فإنه يرفع الذكر إلى حواشيه، فلا يتمكن الذكر من سويدائه، فيستقر الشيطان في السويداء‏.
Begitupula dengan hati yang bersih dari santapan syetan. Dia akan menyinhkir hanya dengan dzikir saja. Sedangkan hati yang dikuasai oleh hawa nafsu, maka dzikir menyingkir hanya di pinggirannya saja & tidak menetap direlungnya, karena relungnya sudah dikuasai syetan

‏ وإذا أردت مصداق ذلك، فتأمل هذا في صلاتك، وانظر إلى الشيطان كيف يحدث قلبك في مثل هذا الموطن، بذكر السوق، وحساب المعاملين، وتدبير أمر الدنيا‏.‏
Jika engkau ingin bukti kebenarannya, perhatikanlah tatkala engkau sholat. Lalu bagaimana syetan mengusik hatimu saat itu dengan meng-ingatkanmu tentang pasar, upah buruh dan berbagai urusan dunia.

واعلم‏:‏ أنه قد عفي عن حديث النفس، ويدخل في ذلك ما هممت به، ومن ترك ذلك خوفاً من الله تعالى كتبت له حسنة وإن تركه لعائق، رجونا له المسامحة، إلا أن يكون عزماً، فإن العزم على الخطيئة خطيئة،
Ketahuilah, memang ada tenggang rasa terhadap apa yang melintas di dalam jiwa, itu semua tergantung kepada hasratmu. Siapa yang meninggalkan lintasan fikiran karena takut kepada Allah, maka dia mendapatkan satu kebaikan. Namun jika dia meninggalkannya karena sesuatu yang merintangi, maka kami berharap dia mendapat ampunan. Semua tergantung kepada hasrat. Hasrat melakukan kesalahan adalah kesalahan.

بدليل قول رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم‏:‏ ‏"‏إذا التقى المسلمان بسيفهما فالقاتل والمقتول في النار، قيل‏:‏ ما بال المقتول‏؟‏ قال‏:‏ إنه كان حريصاً على قتل صاحبه”‏.‏
Dengan dalil dari sabda Rasulullah saw, "Jika dua orang Muslim saling berhadapan dengan pedang masing-masing, maka yang membunuh dan di bunuh berada di dalam neraka." ada yang bertanya, "Lalu bagaimana dengan orang yang dibunuh?”. Beliau menjawab, "Karena dia juga berhasrat untuk membunuh rekannya." (HR Bukhari Muslim)

Disarikan secara bebas dari Mukhtashar Minhajul Qashidin, Ibnu Qudamah al-Maqdisy

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion