Islam Agama Dakwah



Allah telah menetapkan Islam sebagai risalah akhir zaman. Tidak ada lagi nabi atau rasul yang akan diutus ke dunia dengan membawa risalah baru bagi manusia sampai dunia ini berakhir. Sebagai agama terakhir, Islam telah lengkap merangkum semua hikmah, ajaran dan pesan para nabi dan rasul Allah. Ia tidak dapat lagi ditambahi atau dikurangi. Ia telah sempurna pada materi, isi dan manhajnya (sistem, proses dan methodologinya).

اليوم أكملت لكم دينكم وأتممت عليكم نعمتي ورضيت لكم الإسلام دينا فمن اضطر في مخمصة غير متجانف لإثم فإن الله غفور رحيم
Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Ma’idah 3)
Pada kenyataannya, dunia tidak pernah sepi dari usaha-usaha untuk menarik manusia ke jalan yang sesat. Selalu terjadi pertarungan antara haq dan bathil dalam memperebutkan pengikut.

ولولا فضل الله عليك ورحمته لهمت طآئفة منهم أن يضلوك وما يضلون إلا أنفسهم وما يضرونك من شيء وأنزل الله عليك الكتاب والحكمة وعلمك ما لم تكن تعلم وكان فضل الله عليك عظيما
Sekiranya bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu, tentulah segolongan dari mereka berkeinginan keras untuk menyesatkanmu. Tetapi mereka tidak menyesatkan melainkan dirinya sendiri, dan mereka tidak dapat membahayakanmu sedikit pun kepadamu. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab dan hikmah kepadamu, dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah sangat besar atasmu. (An Nisaa’ 113)

Maka Allah swt menjamin kesucian dan kemurnian Islam dengan kelengkapannya sebagai risalah dakwah. Di mana dakwah adalah kewajiban atas tiap pemeluknya, seperti kewajiban-kewajiban lainnya seperti sholat, zakat, haji dan lain sebagainya. Maka berdakwah adalah sebuah kewajiban fungsional setiap muslim, secara individual maupun komunal. Untuk itu Al Quran menggariskan kewajiban berda’wah guna menuntun manusia ke jalan yang lurus.

شرع لكم من الدين ما وصى به نوحا والذي أوحينا إليك وما وصينا به إبراهيم وموسى وعيسى أن أقيموا الدين ولا تتفرقوا فيه كبر على المشركين ما تدعوهم إليه الله يجتبي إليه من يشاء ويهدي إليه من ينيب
Dia telah mensyariatkan kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama) -Nya orang yang kembali (kepada-Nya). (Asy Syuraa 13).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Give us your opinion